Kamis, 09 Mei 2013

Prestasi Kedua - Juara Dua LKTI FPIK UB

Penyerahan Piagam
Seperti yang diceritakan di post sebelumnya, lomba ini dimenangkan oleh tiga orang yang terbakar semangatnya akibat kejuaraan yang dimenangkan di LKTI Chemistry Carnival. Siswa-siswa tersebut antara lain adalah Eki Adetya Nugraha, Fadlillah Dzaki Atsarudin, dan Fazal Akmal Musyarri dengan dibimbing oleh Mr Abdul Nurul Hadi. Awalnya, tidak terpikir oleh ketiga murid tersebut untuk mengikuti KIR. Mereka mengikuti lomba ini kebetulan karena diajak oleh guru mereka, Mr Abdul Nurul Hadi.SPd. Namun lama-kelamaan, mereka akhirnya bisa mencintai KIR dengan sepenuh hati.
Mereka bertiga awalnya hanya kenal nama (tidak akrab), itupun karena organisasi Olimpiade Biologi SMA BSS. Namun, setelah mengikuti KIR ini, mereka menjadi teman yang akrab. Bahkan, selama tahun 2011/2012, mereka menjadi kelompok tetap dalam KIR. Kelompok ini diklaim memiliki prestasi yang cukup banyak, walaupun event lomba yang mereka ikuti tidak terlalu besar. Namun, hal ini cukup membuat nama BSS melejit. Kelompok ini memiliki komposisi anggota yang bisa dibilang spesial ; Eki Adetya Nugraha sebagai persentator yang paling baik di Golden Wish menggantikan Rhezal Dian Eka Dharmawan dan ahli dalam penulisan BAB 4 Karya Ilmiah, Fadlillah Dzaky Atsaruddin sebagai penulis karya yang handal dan dalam segi organisasi beliau mampu memecah masalah dengan baik dan adil, dan Fazal Akmal Musyarri sebagai idea maker (pembuat ide) dan penyaji power point dengan gaya yang mewah. Skill-skill diatas semakin timbul ketika mereka semakin menonkolkan kelompok mereka. Bahkan selama lebih dari satu tahun mereka tidak berpisah dari kelompok KIR mereka.
FPIK UB menyelenggarakan LKTI dengan tema pokok "Melestarikan produksi kelautan perikanan di Indonesia". Karya mereka yang berjudul "Pembangunan Dam Di Sekitar Hutan Mangrove Sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Kelautan Perikanan" berhasil menyabet juara dua dalam LKTI ini. Secara umum digambarkan bahwa pembangunan tambak saat ini telah merusak ekosistem karena harus menebang hutan mangrove yang ada sehingga ekosistemnya terganggu. Oleh karena itu, kelompok ini membuat sebuah solusi yang memanfaatkan hutan mangrove tersebut dengan cara membangun tembok yang difungsikan sebagai penahan air, sehingga membentuk sebuah dam. Sehingga air dapat tertampung dan ikan dapat ditaruh dan dikelola didalamnya.

Download file pdfnya disini.
Download file power pointnya disini.

0 komentar: